Uncategorized

20, 21 April 2017 Leon to Esteli, Somoto canyon.

20 April 2017, Leon to Esteli.

Ada orang yg bilang begini tentang kota Leon : “The city is very walkable if you can stand the heat”. Ternyata sih gw lumayan bisa tahan panas ya, terbukti dengan 4 hari muter2 di Leon dan sekitarnya, termasuk nyamperin 2 volcanoes.

2017, Nicaragua, Leon. Nica local cheese (queso) . A bit hard and salty.

Waktu pas  nyampe Leon, kita gak tahan ama panasnya jadi kita naek becak. Hari ini, pagi2 kita udah check out, dari hostel kita jalan kaki ke terminal bus. Ternyata gak jaoh kok, cuman 1.5 KM an.  Kita nanya2 orang, lewat pasar, dan sampailah di terminal bus. Sebelon sampe pasar kita sempet sarapan berat, yaitu ayam goreng dan kentang goreng yg model KFC gitu. Disini byk banget yg jualan ayam goreng tepung spt itu, ayamnya gendut2 dan tepung nya kemerahan, agak pedas. Di setiap pojok jalan pasti ada yg jual. Dari Leon tujuan kita berikutnya adalah Esteli kira2 4 jam. Microbus nya bearable kok 🙂

2017, Nicaragua, Leon. Microbus runs from Leon to Esteli. Packed with friendly and happy people.

Dibanding Managua dan Leon, Esteli itu kota yg cukup tenang dan rapi. Sesudah booking Somoto canyon tour,  malemnya kita makan di “Jerusalem”, tempat makan makanan lokal tapi chef/owner nya orang Israel. Jadi si Israeli ini sebelumnya adalah apoteker di negaranya, tapi skrg ngikutin istrinya yg orang Nica, pulang ke Esteli karena istrinya hamil dan pengen melahirkan di Nica. Jadi dia buka usaha restoran karena mereka mo menetap di Esteli. Agak mahal sih makanannya, tapi masakannya uenak Jek. Salah satu makanan terenak yg gw makan selama gw traveling di Central / South America.

2017, Nicaragua, Esteli. Parque central
2017, Nicaragua, Esteli. Yellow bus!

 

21 April 2017, Somoto canyon

Karena di hostel gak disediain sarapan (cuman free flow coffee) dan gak ada dapur, pagi nya si bule nyiapin sarapan berupa muesli, disiram susu dan pisang. Hmmm .. buat sarapan enakan ketoprak ato bubur ayam kali yah ? hehehe … tapi apa daya, kagak ada such treasures di Esteli 🙁

 

2017, Nicaragua, Esteli. Chicken bus we took from Esteli to Somoto.

Jam 8AM kita berangkat pake chicken bus dari Esteli ke Somoto. Di terminal bus Somoto kita dijemput sama orang tour naek 4WD ke Somoto Canyon. Kita di drop di rumah pemilik tour operator nya, dimana masing2 kita di cariin sepatu yg pas nomor nya, trus dikasi jaket pelampung. Maksud nya, supaya sepatu kita gak kotor karena kita akan jalan di lumpur selama tour, kita di kasi pinjem sepatu dan sepatu kita ditinggal di rumah pemilik tour operator. Tiap Tour guide Somoto Canyon bawa dry bag yg gak terlalu besar dimana kita bisa nitip valuables semisal dompet, kamera, kacamata dan hp) jadi barang2 kecil gw bisa dititipin.

Sebetulnya tour option nya ada yg 2D/1N atau 1D(4 jam). Yang 2D/1N yaitu trekking 4 jam trus nginep di Canyon, trus besokkannya baru trekking di canyon. Yang 1D tour yaitu langsung trekking ke canyon. Kita ambil yang sehari aja. Peserta tour nya, selaen kita adalah satu orang UK yang udah traveling di Central America selama beberapa bulan.

Tour di awali dengan trekking 1 jam, easy walk ngelewatin “jade road” (karena sepanjang jalan bertaburan batu2an kecil yg hijau kayak batu giok atau jade. Setelah jalan mendaki, si tour guide nunjukin bahwa gak jauh dari situ adalah border El Espino antara Nicaragua dan Honduras. Sesudah itu jalan menurun, turun, turun dan turun ke lembah, tau2 gw udah di depan sungai yg kira2 sedengkul dalem nya, trus kiri-kanan ada dinding ngarai/canyon. Ini dia si Somoto Canyon.

2017, Nicaragua, Somoto. Jade road
2017, Nicaragua,  Esteli. “Jade” stones I took from the Jade road in Somoto
2017, Nicaragua, Somoto. Somoto canyon.
2017, Nicaragua, Somoto. River stones
2017, Nicaragua, Somoto. More water in the river
2017, Nicaragua, Somoto. Our first stop.

Kedalaman Somoto canyon kira2 100 meter dengan 60 meter berada di dalam air. Di beberapa tempat lebar canyon cuman beberapa meter aja. Jadi sungai nya terbentuk dari ngarai /canyon yang dalem banget.

Pada satu titik kita bergabung dengan kelompok tour lain, basically karena tour guide – tour guide nya pada temenan, jadi nya kelompoknya membesar jadi kira2 20 orang. Kebanyakan dari mereka orang sekampung nya si Bule hehehe .. (Pernah tuh ada sesama traveler yg nanya ke gw : “Why French people travel a LOT?” hahaha .. ) Kita jalan santai nyusurin pinggir sungai, jadi jalan di batu2. pertama2 nya kita jalan di batu, berusaha menghindari kaki basah nyemplung ke air. Lama2 musti jalan di air juga karena batu2an nya udah gak bisa di panjat/ diloncatin. Ada bagian2 yg kita harus berenang. Ehemm… gw gak bisa berenang jo. Tapi karena ada jaket pelampung ya nyampe juga gw hehehe.

2017, Nicaragua, Somoto. We got to start swimming here.

Kira2 di pertengahan jalan, kita sampe di tebing, dan 4-5 meter dibawah kita air tenang yg warnanya hijau. Kita harus sengaja nyemplung / terjun ke air dan kemudian ‘berenang’ ngikutin arus ke hilir. Gak ada pilihan, nyemplung itu adalah satu2nya cara untuk sampe ke seberang. Banyak sih bule2 yg kegirangan nyemplung sambil tereak2. Hmmm.. really not my thing. Gw ngeliatin tiap org yg terjun, butuh 3-4 detik setelah itu baru kepala mereka muncul. Glek. Tapi maap, gak ada jalan laen. Jadi yah .. gw terjun 🙁 Feel like it was forever before I can see the sun again 🙁 Sebetulnya event terjun ini keren banget. Tapi gak banyak yang ngeluarin kamera ato hp dari dry bag. Selain pada tereak2 keasikan terjun, byk juga yg takut gadget2 itu nyemplung ke aer (termasuk gw). Faktor lain adalah gak bakal ada volunteer yg mau nyelametin gadget nyemplung, sehubungan ama kedalaman canyon. Jadi, maap yah, gak ada yg bisa di lihat.

Banyak case sih, karena gw gak bisa berenang, gw di tarik ama si bule ato si Tour guide yg baik hati nya 🙂 Btw, bisa aja kita nyusurin Somoto canyon tanpa guide, tapi bahaya sih karena di beberapa titik ada tempat2 yg dalem banget. Contoh nya kayak di tempat kita musti terjun tadi, agak ke atas-an dikit, bahkan tour guide2 pun gak berani terjun di bagian agak ke atas itu karena mereka tau bagian itu dalam sekali .. artine, kalo terjun disitu dan di dalem kebawa arus yg deras, ya .. bisa2 pulang tinggal nama.

Karena kita datang waktu musim kering, jadi air sungai yg ada gak terlalu dalem ato deras. Tapi sempet juga sih gw tergelincir dan ke ikut arus beberapa meter. Gw denger si Tour guide tereak ke gw : “Try to grab something and hold on to it”.  Halah, boro2 bisa megang sesuatu, arus nya kenceng banget sampe gw bingung mo ngapain karena kebawa arus. Tadi nya mau jalan pelan2 aja nyusurin sungai sambil pegangan batu2 di sekitar, tapi batu2 nya terlalu licin jadi begitulah. Kepala gw kepentok batu, tapi gw yakin sih pentokan ini bikin gw tambah pinter hehehe 🙂 Bukan cuman gw sih yg kepeleset. Beberapa orang lain juga, termasuk si Bule.

Nyimpang dikit nih, dulu waktu gw kuliah, tersebutlah seorang asisten dosen yg cukup pinter. Menurut cerita dia, dia dulu biasa2 ajah. Trus dia tuh naek motor, diboncengin ama temen nya. Somehow motornya kecelakaan, dan temen nya itu meninggal. Dia nya sediri kalo gak salah sempet gegar otak. Tapi setelah peristiwa itu, dia kalo kuliah tuh gampang banget nerima pelajaran. Jadi sejak itu gw yakinin aja bahwa kalo kepala gw kepentok, gw bakal jadi lebih pinter. Wekekekekekeke … Aminnn ..

Setelah itu sungai agak melebar dan kita bisa jalan dikit. Cuman batu2annya jadi lebih tajem. Perjalanan di lanjut pake sampan2 kecil kira2 10 menit. Di kanan kiri tebing nya tinggi2 dan keren 🙂

2017, Nicaragua, Somoto. One of narrow canyon in Somoto.
2017, Nicaragua, Somoto. Small boats ferried us to the other part of the river
2017, Nicaragua, Somoto. A boat.
2017, Nicaragua, Somoto. End of the boat trip.
2017, Nicaragua, Somoto. Titanic in Somoto canyon.

Turun dari sampan, kita harus lanjut lagi dengan jalan kaki selama kira2 setengah jam. Saat itu gw dah laper jo. Udah jem 12an. Sebelon mulai tour kita udah ditanyain mau makan apa siang ini. Tour guide nya pesen bahwa tempat makan nya ada di pinggir jalan besar, pas disebelah kiri jalan setapak. Bayangan makan siang bikin gw tambah semangat jalan. Jalan sepuluh menit, baju dan rambut udah kering karena panass… Kita ngelewatin jalan2 setapak, sungai kecil setinggi pinggang dan lapangan.

2017, Nicaragua, Somoto. Pretty sight near the river.

Sepanjang jalan banyak juga hostel2 ato penginapan yang target nya adalah turis2 yang mau ke Somoto. Sampe akhirnya muncul di pinggir jalan besar dan nemu restoran lokal tempat makannya. Menu nya gw pilih ayam goreng, di sajikan dengan kentang, nasi, pisang dan sayur2an. Seperti biasa, ayam disini gendut2 dan porsi karbohidrat paling dikit ada 2 macem, jadi agak terlalu gede buat gw, tapi gw hampir bisa ngabisin, karena gw laper. Kalo pas jalan gini gw sih gak berasa guilty makan banyak. Soale kegiatan nya sebanding ama asupan makanan. hehehehe ..

Malamnya kita balik ke resto “Jerusalem” lagi. Nyam nyam ..

2017, Nicaragua, Esteli. Unforgetable Pollo a la plancha from the “Jerusalem” restaurant.