Uncategorized

18-19 April 2017, Telica Volcano, the second active volcano in a day

Jam 2PM kita udah ready lagi di Aris Tour office. Kali ini kita berempat sama orang Swiss, Nina.
Jarak Telica dari Leon cuman sekitar 30KM. Tinggi nya cuman 1,061 m dari permukaan laut. Menurut Wiki, erupsi Telica terakhir kali adalah di tahun 2015.

Kita di drop sama 4WD truck di kaki Telica. Ada papan peringatan bhw kita sedang memasuki hazard zone / daerah berbahaya dan diperingati mengenai bahaya bebatuan volcano. Dari situ kita mendaki selama 1 jam (yang gw rasa seabad) untuk sampai ke puncak. Gw dikasi walking stick untuk memudahkan gw mendaki. Di backpack gw cuman ada air minum, jaket, legging (in case gw kedinginan), 1 kaos tipis untuk backup dan barang2 kecil. Masing2 orang wajib bawa 2 liter air untuk konsumsi nya sendiri.

2017, Nicaragua, Telica. Telica warning.

Batu2an yg ada beda banget ama bebatuan di Cerro Negro. Di Telica warna batu2 nya coklat agak merah gitu, disana sini ada tumbuhan sedikit. Kalo di Cerro Negro, semua serba hitam dan bener2 gak ada tumbuhan hidup. Kalo soal kering dan panas nya sih sama aja antara Cerro Negro dan Telica. Hahaha ..

Mendakinya lumayan bikin capek jek 🙁 Kira2 sepuluh menit pertama jalan setapak yg ada menuju Telica masih manageable. Lama2 nanjak dan agak susah di jalani. Gw lumayan terbantu dengan adanya 2 walking sticks di tangan gw. Hehehe … kayak nenek2 yah? bodo teuing lah 🙂 nyang penting nyampe. Si  Nina keren juga, gak keliatan capek. Ternyata dalam 6 bulan terakhir, setiap 2 minggu dia ke Telica. Pantesan ajah 🙂 Nina bertindak sebagai translator (Inggris ama French) karena main guide nya (Aris) cuman bisa ngomong Spanish. Tadi nya si Nina ini cuman mo berlibur di Nicaragua sebulan, tapi akhirnya malah gak mo pulang. Waktu gw disana, dia udah hampir setaon di Leon. Hehehe …

Pas udah deket ke puncak, kalo ada angin betiup ke arah kita, bisa kecium bau sulfur ato belerang dan suara gluduk2 di kejauhan yg asal nya dari kawah Telica. Udah lebih deket lagi ke atas, jalan nya mulai lebih berpasir dan lebih landai. Pas nyampe di atas, gw liat banyak orang pada melongok ke bawah. Gw pikir mereka lagi ngapain, ternyata mereka lagi pada liat lava yg merah dan bergolak2, jauh di dalam crater.

Btw, kalo gw jalan ama travel buddy bule gw ini, gw jarang banget buka buku sebelon nya. Jadi kebanyakan gw baru tau what to expect, what to see and do pas gw nyampe di tempat. Pernah tuh gw diomelin ama si Bule karena gw selalu nanya apa yg akan kita lihat/lakukan di suatu tempat tertentu. Dia bilang : “Where’s your book? Read your book Betty!”. Jadi menurut dia, sebelon pergi musti baca buku dulu. Hm… yaaa… itu berlaku kalo gw travel solo sih. Tapi kalo traveling ama si Bule, travel guide book yg gw bawa itu cuman berlaku sebagai backup. Terus terang, gw sangat menikmati adanya surprise tiap hari. Kayak hari itu, gw bener2 gak nyangka kalo di Telica kita bisa ngelongok liat ke kawah dan liat lava merah mendidih 120 meter dibawah kita. Bener2 pemandangan dan pengalaman spektakuler buat gw. Walopun di Indo banyak volcano, tapi gw belon denger ada yg bisa diintip lava nya. Salut juga nih ama orang2 disini yang bisa meng-komersialkan volcano2 yang ada.

Di bibir crater kita gak bisa lama2 karena uap, bau dan asap volcano. Kalo berdiri kelamaan di tepi crater, kita bisa batuk2 dan matanya berasa sepet/berair karena asap. Anyway kita musti cari spot untuk camping sebelon hari gelap, jadi kita turun ke bagian lain dari Telica. Di tempat yg datar beda banget pemandangannya, gw liat ada 2 kuda kecil (mules) yg lagi merumput. Ada tetumbuhan dan pohon.

2017, Nicaragua, Telica. Nina, the drink vendor and mules with Telica volcano as background

Pas lagi bangun tenda, gw liat ada orang yg melambai2 ke arah kita dari jauh. Oh .. ternyata si Oscar, Spanish yg sekamar ama kita tadi malem. Ternyata pagi2 tadi dia check out dari hostel, trus naek chicken bus ke San Jacinto, dan ambil rute laen (yang 4-5 jam jalan kaki) ke Telica. Dia jalan sendiri, jadi dia nanya2 penduduk aja. Sempet beberapa kali nyasar, dia akhirnya sampe juga di Telica. Dia gak bawa tenda, jadi dia rencana mo tidur ber-atap-kan langit biru, ber-alas-kan handuk mandi nya. Travel buddy gw dan gw memang ada di barisan orang2 nekat, tapi ini orang sih nekat banget 🙁

2017, Nicaragua, Telica. coconut-like fruit. No water inside. The thick whity meat tastes exactly like young coconut. Behind is the bearing tree.
2017, Nicaragua, Telica. This tiny fruit exactly tastes and smells like guava (jambu biji). Only lesser meat.

Sesudah settle dengan tenda dan barang2, kita (termasuk si Oscar) balik lagi naik ke Telica, kira2 10 menit mendaki. Nengok ke kawah sebentar, trus kita lanjut ke bagian lain dari punggung Telica dimana kita bisa liat sunset. Disana udah banyak orang duduk2 di batu ato posisi tiduran untuk liat sunset. Dengan pengecualian sunsetting di South Africa, sunset itu biasa aja buat gw. Terus terang gw gak terlalu amazed ama sunset.

2017, Nicaragua, Telica. People waiting for the sunset.
2017, Nicaragua, Telica. A bule with Telica sunset.
2017, Nicaragua, Telica. Sunsetting.
2017, Nicaragua, Telica. I’m not a fan of sunset.

Sesudah sunset lenyap dan gelap mulai merayap, kita balik ke kawah Telica. Karena hari udah gelap, lava yg bergolak dibawah lebih keliatan dan dramatis. Ditambah ama gemuruh lava mendidih dan bau yang nyengat.

Check out the video yah 🙂 Keren pokoke.

Balik ke camping ground, kita bikin api unggun. Bukan karena dingin tapi lebih untuk alasan penerangan. Karena kita join tour, makanan udah disiapin dan tinggal makan : pasta dingin pake grilled chicken with lemon, dan biscuit manis sbg dessert. Oscar pun makan roti bekal nya. Karena ada seorang penjual minuman ngikutin kita terus sejak kita dateng, jadi kita pun beli minuman dari dia. Gw beli coca cola dingin seharga $5 (di Leon paling mahal cuman $1), tapi mengingat kegigihan orang itu manggul2 box minuman kesana kemari, $5 jadi gak berasa mahal. Apalagi itu orang rumah nya 5KM dari Telica. Memang hidup ini penuh perjuangan yg harus diperjuangkan 🙁

Jem 10PM kita berangkat tidur, karena besok musti bangun jam 5AM untuk sunrise. Waktu itu pun ujan mulai turun. Untung Aris punya spare kain parachute, jadi di kasi pinjem ke Oscar si nekat untuk dijadiin selimut.

Sehari mendaki 2 volcanos itu bener2 seru overloads hehehe ..

19 April 2017 Telica, Leon

Jam 5AM kita mulai mendaki (lagi!), kali ini untuk hunting sunrise dari pelataran Telica volcano. Kita naik sampai ke sebelah gubuk yg dipakai untuk pemantauan aktifitas Telica. Sunrise nya cukup keren jek. Pagi itu juga langit cerah, Telica dan asapnya yg mistis keliatan keren banget2.

2017, Nicaragua, Telica. Sunrise.
2017, Nicaragua, Telica. Volcano control hut.

Sesudah breakfast berupa sandwich dan kopi, jauh sebelum jam 8 kita udah set off untuk turun. Perjalanan turun memakan waktu 4-5 jam tergantung kecepatan. Kita ngelewatin hutan yg kering, ladang, pekuburan binatang, dan ngelewatin sungai gede yg kering, nongol2 di bawah salah satu jembatan / jalan raya. Cuaca tetap panas kayak hari2 sebelon nya.

Sebelum jam 1PM kita udah sampe di Leon lagi. Gw coba cari info dimana gw bisa perbaiki kamera gw. Menurut website sih, Pusat service nya ada di Managua (Nicaragua), Bogota (Colombia) dan La Paz (Bolivia). Memang gw punya hape, Tapi kualitas nya kan jaoh kl dibanding kamera. Menurut ada orang lokal, ada 2 tempat di Leon. Salah satu nya adalah toko kecil yg ada logo Canon di depannya, cukup keren. Setelah 1.5jam nunggu, mereka bilang bahwa mereka gak bisa benerin kamera gw, disaranin supaya di perbaiki di service center Managua aja. Jiahhh .. napa gak bilang dari tadi? Padahal gw baru nyampe Managua lagi tanggal 4 Mei 🙁

Toko yang kedua lokasi nya di deretan rumah yang sederhana, tapi tutup 🙁

2017, Nicaragua, Leon. Servicio Tecnico shop.