Uncategorized

26 April 2017, Mombacho volcano. Allez Betty .. Allez …

Semalem si Bule ngobrol ama temen sekamar kita, org Spanyol, yang sore itu barusan balik dari Mombacho volcano. Si Spanish bilang bahwa jalannya curam banget, tapi jalan nya bagus dan terawat. Mendakinya emang agak melelahkan, tapi sama sekali gak sulit. Dia butuh 1,5 jam untuk naik dan setengah jam untuk turun. Gw yang tadinya cuman nguping pembicaraan, jadi angkat bicara mengingat bodi gw yg gendut ini, nanya ke si Spanish yang kurus : “Kira-kira gw kuat gak yah, mendaki Mombacho?”. Si Spanish pun menjawab “Elo bisa lah. Pelan2 aja jalan nya, santai. Gak susah. Curam memang, tapi gampang kok. Gw aja jalan nya santai”. Gw denger nya jadi termotivasi. Tapi kalo boleh milih, mendingan duduk manis di hammock sambil ayun2. Hahaha

Pas kemaren juga si Bule bilang mau join tour Masaya volcano. Si Bule dan gw gak terlalu tertarik sama join-joinan ama tour. Tapi seperti pernah gw singgung sebelon nya, kadang kita mau gak mau musti join tour untuk destinasi-destinasi tertentu. Alasan nya bisa karena masalah kebutuhan akan transportasi khusus (jeep 4WD, perahu / kapal, etc) atau masalah akses (harus di dampingi oleh guide2 khusus / dari institusi tertentu), atau cuman untuk alasan kenyamanan. Jadi gw setuju aja pas kemaren si Bule bilang kita bakal join tour Masaya, dia pasti punya alesan kuat untuk join tour. Kita bakal di jemput di hostel jam 5 sore. Kalo pagi nya mau ke Mombacho, maka kita harus udah turun dari Mombacho jam 3 sore. Sesudah ngitung2 waktu, kita putuskan untuk mendaki Mombacho pagi hari ini.

Setelah sarapan (omelette isi ham, keju & garlic, roti tawar, pina dan cafe con leche) kita jalan ke arah pasar (Mercado Municipal). Kita ambil chicken bus ke arah Rivas, kira2 20-30 menit perjalanan dari Granada. Nyebut “Mombacho” aja ke kernetnya, mereka udah langsung ngerti, tampang-tampang traveler yang kurang kerjaan ini mau mendaki Mombacho. Jadi kami di turunkan kira-kira 100 meter dari jalan masuk ke Mombacho Volcano National Reserve (Reserva National Volcan Mombacho). Puncak kawah Mombacho kira-kira 6KM dari jalan raya. Hmm… dalam hati gw, gw bilang : apalah 6KM, gw udah sering jalan lebih dari 10KM dalam sehari. Kata-kata yang bakal gw sesali. Hahahah ..

2017, Nicaragua, Mombacho volcano. It was 1.5 km easy walk to the ticket office, 3 km hiked up walk to Las Flores Resort and 2 km climbing on steep way where only 4 wheeled drive vehicle may passing by.

Sampe di entrance gate, kita ke office untuk registrasi dan beli tiket. Ada pilihan untuk naek truk ($22, tiket nya warna ungu kalo gw gak salah inget) atau jalan kaki ($5, tiketnya warna merah). Gak usah ditanya, tentunya kita pilih yang jalan kaki. Ticket nya di lingkarin ke pergelangan tangan kanan. Dari entrance gate ke Research Station (puncak ke dua tertinggi di Mombacho, 1100m) kira-kira 6.1 KM.

2017, Nicaragua, Mombacho. We’re ready to climb the Mombacho with red ticket. The initial part was an easy walk along the paved road.

Wohoo … jalan nya lebar dan landai, melewati beberapa rumah di kiri-kanan jalan. Trus jalan agak menyempit (tapi masih bisa di lewatin mobil), agak menanjak dan kadang berbelok-belok. Gw mulai jalan agak pelan, tapi masih semangat tentunya, sambil nyanyi-nyanyi Champs Elyssee ama si Bule 🙂 Kadang gw jalan mundur supaya gak terlalu berasa nanjak. Pas ketemu orang yang turun, gw iseng-iseng nanya, berapa jaoh lagi ke puncak? Dia bilang 5KM lagi. Hmmm, gak mungkin lah, gw udah berasa jalan setengah jam masa masih 5KM lagi? Ya udah kita jalan lagi. Si Bule ngasi gw semangat : “Allez Betty, Allez ..”.

Kira-kira sepuluh menit kemudian gw berhenti, ngatur napas, tapi setelah berhenti, susah banget rasanya mau ngangkat kaki untuk nerusin jalan. Gw nerapin teori yang gw kembangin sendiri untuk tetep maju, yaitu “9 langkah maju, 1 kali istirahat”. Jadi gw gak boleh istirahat kalo gw belon jalan 9 langkah. Lumayan sih, gw bisa maju untuk beberapa puluh meter berikutnya. “Allez Betty, Allez…”

Lama-kelamaan kaki-kaki ini bertambah beratnya. Serasa ada magnit antara kaki gw dan bumi. “9 langkah 1 istirahat” masih tetep gw jalanin, tapi jeda istirahatnya jadi makin lama dan 9 langkah yang gw ambil tambah kecil-kecil jaraknya. Akhir nya gw bilang ke si Bule bahwa gw capek. Si Bule tetep ngasi semangat walopun dia juga capek. Dia jalan sepuluh meter di depan gw.

Sementara itu ada mobil pick-up yang datang dari bawah, kayaknya bawa supply makanan. Si Bule pun melambai-lambai ke arah pick-up. Setelah pick-up berenti, si Bule bilang bahwa gw kecape-an dan gak mungkin bisa nerusin mendaki. Si Bule minta supaya gw bisa ikutan di pick-up untuk naek ke puncak Mombacho sedangkan si Bule sendiri bakal jalan kaki ke atas. Si driver geleng-gleng kepala, dia bilang bahwa tujuan nya gak sama dengan tujuan kita, jadi gw gak bisa ikut mobil dia. Gw lemes deh. Jadi gw coba untuk nerusin jalan. “Allez Betty, Allez … ”

Ada suara mobil laen dateng! Si Bule udah siap-siap mau nye-top kendaraan yang lewat. Ternyata itu suara truk gede yang isinya bule-bule yg tereak2, berisik banget. Mereka pada pake gelang tiket ungu. Oh, jadi mereka ini yg bayar tiket versi $22. Sudah pasti mereka gak akan kasi gw naek, jadi kita biarkan truk itu berlalu.

Di tempat yang agak datar, ada orang yang lagi duduk, di samping nya ada motor. Ha! Siapa tau dia bisa anterin gw ke atas! Si Bule pun nyamperin itu orang dan mereka ngobrol sebentar. Gw gak tau apa yang di omongin, karena gw jalan jaoh di belakang si Bule. Tapi kesimpulan yg di dapet adalah, itu orang pun gak bisa nganterin gw.

Gw gak tau udah berapa lama kita mendaki. Tapi rasanya kaki gw udah mau copot. Walopun hari itu cenderung berawan, mulut gw udah kering, pengen nya minum coca cola. Kita ngelewatin tempat peristirahatan Jerman yang cukup keren. Gak lama setelah itu kita ketemu orang lagi, dia bilang bahwa 100 meter lagi bakal ada tempat istirahat. Yippy! gw mau coca cola, berapa pun harganya.

Jalan masih terus nanjak, kiri kanan pepohonan yang bikin adem. Gw sampe di Las Flores Cafe dengan semangat coca cola. Las Flores itu kayak resort juga. Ada lodge, ada taman yang bagus dan terawat, ada cafe, ada public toilet juga. Setelah ke toilet, cuci muka dan tangan, di sebelah cafe ternyata ada keran yang memang di sediakan untuk minum para pendaki. Jadi gw pun minum disitu. Enak dan seger banget. Gw minum banyak-banyak, udah lupa sama coca cola. Sesudah duduk istirahat sebentar, gw lupa ama rasa penat gw. Gw udah semangat lagi untuk nerusin pendakian. Dari Las Flores Cafe ke puncak kira-kira 3.3KM. Jarak 1.7KM dari entrance gate ke cafe kita tempuh kira-kira dalam 45 menit.

2017, Nicaragua, Mombacho. Las Flores resort
2017, Nicaragua, Mombacho. Las Flores Cafe. The small pathway on the right hand side leads us to the Mombacho.
2017, Nicaragua, Mombacho. Only 4WD car allowed. Just after the Las Flores Cafe

Dari cafe kita ngelewatin kebun jagung dengan beberapa orang pekerja kebun. “Hola!” kata gw menyapa para pekerja itu, udah semangat lagi gw soalnya. Jalan nya relatif datar tapi agak becek bekas ujan, sepanjang kira-kira 100 meter, yaitu satu-satu nya jalan yang rusak. Selain itu jalan ke Mombacho dalam keaadan yang baik sekali, di aspal, di semen, atau jalan berbatu-batu.

3KM berikutnya bener bener curam dan terjal. Gw serasa gak bisa bergerak. Tapi gw usahain tetep jalan, 9 langkah maju – 1 kali istirahat. Tampang gw balik lagi ke wajah yang penuh pergumulan. “Ällez Betty, Allez ..”. Dari jaoh kedengeran lagi suara truk dan suara bule-bule yang tereak-tereak kegirangan. Keliatan banget bahwa mereka sangat menikmati (baca: keasyikan) perjalanan terjal ini diatas truk. Gw perhatiin bahwa cuman truk 4WD yang bisa lewat. Selama hiking, kita berpapasan dengan 2 truk menuju ke atas dan setelah itu 1 truk yang turun. Semuanya penuh ama bule-bule yang kegirangan. Mungkin mereka melihat gw sebagai pesakitan Mombacho volcano yang perlu disorakin. Halah. Sejak kapan gw jadi punya mental mengasihani diri sendiri.

Selama perjalanan kita ke atas, kita juga berpapasan sama beberapa orang yang turun. Mereka pake gelang tiket warna merah juga kayak kita. Salah satu dari mereka turun sambil lari. Lari beneran loh. Cepet banget lari nya. Tiap berpapasan ama pejalan kaki, kita selalu tanya : berapa jauh lagi ?

Gw juga nerapin jalan mundur, tapi gak banyak membantu disini. Salah satu yang bikin gw tetep nerusin jalan adalah: kita musti turun dari Mombacho jam 3 sore, jadi gw musti cepet2 sampe. Padahal sekarang udah hampir jam 1. Gw udah gak peduli lagi ama si Bule yang nyanyi “Ällez Betty, Allez” untuk kasi semangat ke gw. Gw udah gak kasi respons ke dia, gak ada energi tersisa rasanya. Pada beberapa point dia physically narik tangan gw atau dorong badan gw supaya gw bisa bergerak naek. Gw pasrah. Udah gak bisa mikir lagi. Rasanya pengen lari pulang aja. Susah payah gw berusaha mengeluarkan suara : “You go ahead”. Akhir nya si Bule jalan duluan.

Maaf ya, karena jalan yang agak susah ini, gw gak ada foto-foto pas kita mendaki. Udah gak selera pokoke. Gw teringat ama si Spanish, dia bilang jalan nya santai aja. Gw udah gak inget definisi jalan santai. Gw masih bisa jalan aja udah syukur.

Akhirnya saudara-saudara … akhir nya …. gw sampai juga di atas! Gw sampai di atas kira-kira jam 1, jadi total kira-kira gw climbing selama 2 jam 15 menit kalo dihitung dari entrance gate. Si bule kayaknya dua puluh menitan sebelon gw udah nyampe. Itu karena dia nungguin gw, kalo dia jalan sendiri sih udah nyampe dari tadi.

Ada restoran kecil di Research Station sana. Dan gw langsung minta coca cola hahaha … gak nanya lagi harganya berapa. Kalo gak salah $5 deh. Egp. Hehehe .. Paling-paling gw diomelin ama si Bule kalo ternyata harganya terlalu mahal. Btw, yang berfungsi jadi kasir selama kita traveling adalah si Bule. Untuk memudahkan pembayaran, beberapa hari sekali masing-masing dari kita top-up duit ke dalam dompet khusus (pot). Misalnya masing-masing $100. Semua expenses di bayar dari dompet itu (hostel, makan, bus, tour, dll). Kalo perlu tuker uang, yang di tuker yang di pot, gak pake uang yang di dompet masing-masing.

2017, Nicaragua, Mombacho. I arrived! The wooden restaurant and information center in Mombacho Research Station.

Restoran nya sederhana banget. Ada poster-poster informasi mengenai Mombacho volcano, flora dan fauna yang ada di reservasi itu. Ada beberapa bule yang lagi makan ato sekedar ngobrol. Di sebelah toilet ada shower / wash room juga kalo minat. Abis minum, gw nyari2 si Bule. Karena dia udah nyampe duluan jadi dia udah keliling-keliling sekitar Research Station.

Volcano Mombacho punya beberapa crater / kawah. Ada trail yang mengarah ke masing-masing crater, waktu tempuh mulai 1,5 jam s/d 4 jam. Karena kita gak punya cukup waktu jadi kita ambil trail yang mengarah ke crater nomer 1 (yang paling populer), kira- kira makan waktu 1,5 jam. Trail ini gak perlu guide, sedangkan 2 trail yang lain perlu nyewa guide (dari pada nyasar). By default, kalo nyewa tour guide, mereka bakal ngomong Spanish. Kalo mau tour guide yang ngomong Inggris, biasanya harganya lebih mahal.

Trail yang 1,5 jam ini kita usahakan selesai dalam 1 jam, karena kita musti cepet2 balik ke Granada buat ikut Masaya volcano tour. Jadi kita jalan cepat tapi tetep menikmati trail nya. Kawah Mombacho udah gak kelihatan kayak kawah lagi karena udah tertutup sama tumbuh-tumbuhan. Jadi kelihatannya seperti hutan yang berbentuk cekung, seperti penggorengan raksasa. Dari sini bisa kelihatan danau Nicaragua / Cacibolca yang tadi malem kita datengin.
Waktu Mombacho meletus ribuan tahun yang lalu, dari dalam bumi disemburkan batu-batuan besar ke danau Nicaragua. Hasilnya adalah terbentuknya 365 islets (pulau) di depan lokasi kota Granada yang sekarang. Las Isletas ini bisa kelihatan dari Mombacho juga.

2017, Nicaragua, Mombacho. Nicaragua lake and las Isletas (the black long thingy on the right hand side) in the Nicaragua lake. Granada city is on the left.
2017, Nicaragua, Mombacho. Tropical forest also has formed covering the Mombacho popular crater
2017, Nicaragua, Mombacho. Following the trail
2017, Nicaragua, Mombacho. Reddish fertile soil of Mombacho.

Mombacho merupakan cloud /fog forest (hutan subtropic yang karakteristiknya diperngaruhi ama awan tingkat rendah, jadi nya lembab dan sering berkabut). Sempet ada ujan waktu kita di dalem hutan, tapi gak jadi masalah sih, cuman jalan tanah nya aja yang jadi becek. Hawanya adem dan berangin. Enak pokoknya jalan di udara yang seger begitu. Serasa jalan di hutan Sumatera. Cuman yang ini gak ada orang utan ato harimau nya.

Waktu kita jalan turun, ini kaki rasanya susah di rem. Rasanya mau meluncur terus. Gw berusaha berpegangan ama sesuatu (eg. pohon ato apa aja yang bisa dijadikan pegangan) biar gak tergelincir ke bawah. Waktu itu gw baru menyadari bahwa gak heran kenapa waktu mendaki rasanya berat banget. Ini jalan bener-bener curam dan menyeramkan. Kalo gak hati-hati atau kalo sol sepatu udah botak, bisa gampang banget kepleset. Gw jadi inget cerita tentang orang yang mengendarai motor Harley Davidson kenceng banget, sambil bilang ke orang-orang yang di lewatin nya “Lo pernah naek moge gak?”. Orang-orang pikir dia sombong, tapi ternyata dia bermaksut tanya, gimana cara menghentikan motor itu. Mungkin sama hal nya sama traveler lari yang berpapasan waktu kita naek tadi. Jangan-jangan dia lari turun karena gak bisa mengendalikan diri pas turun. Serem aja gw ngebayanginnya. Gw juga baru menyadari bagaimana bule-bule dalam tiap truk yang papasan ama kita semua nya pada berteriak-teriak ke-asyikan (ato ketakutan). Karena kalo naik mobil sudah pasti lebih terasa serem nya.

2017, Nicaragua, Mombacho. Super steep paved road of Mombacho. I reached the caldera after 2 hours 15 minutes climbing and we spent 1.5 hours walking down with cautious else we may rolling down the volcano.

Kita kembali ngelewatin Las Flores cafe, dan dari situ menyusuri jalan yang sama menuju entrance gate. Kita ketemu ama orang yang lagi duduk di sebelah motor. Rupanya dia itu adalah salah satu penjaga Reserva ini, karena gw lihat dia punya perlengkapan macam walkie talkie, dll. Si Bule bilang “Hasta luego” ke dia. Sesudah kita ngelewatin itu orang, si Bule baru bilang bahwa tadi pagi si penjaga itu melihat kita dengan pesimis. Dia merasa yakin bahwa kita (gw) gak akan mampu naik ke Mombacho, dan bilang “Good luck” ke si Bule. Si Bule gak nyampein itu ke gw waktu mau naik karena dia yakin itu bisa bikin gw tambah patah semangat. Disitu gw merasa sudah menaklukkan Mombacho, dan gw bangga sama achievement gw hari ini. Terlambat dikit gak papa, tapi I did it! (Tapping my own shoulder) Bravo! Good job! Excellent!!!

Kita menghabiskan waktu 1 jam 15 menit untuk turun (si Spanish cuman setengah jam). Senang sekali rasanya napak kembali ke tanah datar. Hahaha .. Sambil nunggu bus, kita makan di warung di sebelah halte bis.

2017, Nicaragua, Mombacho. Pollo ala planca. Banana chips with steam rice is one of Nicaraguan staple food
2017, Nicaragua, Mombacho. Remember the tiny mangoes? He got the ripen one from the shop owner.

PS. Foto-foto Mombacho gw ambil selama di puncak Mombacho, dan pada saat jalan pulang (turun dari Mombacho), itu juga gak banyak karena kedua tangan gw sibuk pegangan kiri kanan waktu turun.

2017, Nicaragua, Mombacho volcano. Peaje Extranjero Adulto, that means to say that we decided to ascend the Mombacho volcano on foot, so no vehicle is permitted to transport us. A guard even say “good luck” as some points have about 45 degree 🙁 maybe he thought that only stupid foreigners want to climb on foot.
2017, Nicaragua, Mombacho. 5.2KM from the entrance gate. 802m in elevation.  Credit goes to my travel buddy Christian Soulé who had cheered me up “Allez Betty .. Allez ..” all the way, pulling and pushing me hard. And I did it! I conquered the Mombacho volcano.
2017, Nicaragua, Mombacho. Gradient profile of Mombacho. 6.1KM long, and 852m gained.  Je suis fiere de moi for this accomplishment. 13 km in total