Uncategorized

14 April 2017 Managua welcome jokes

#1 The hostel is closed.
Sebelon berangkat gw udah download offline map dari Managua dan nandain di Google map posisi hostel gw di Managua, yaitu “Hostal Backpacker World” di Calle Sureste 16. Casa # 22, Managua 11169, Nicaragua.

Sbg traveler gw juga aware akan tourist scams yg ada dimana2, termasuk hotel scams, yaitu ada org2 gak bertanggung jawab -termasuk agen hotel atau taxi driver ato tuktuk driver- yg bilang bahwa “hotel udah tutup” ato “hotel udah fully booked”, jadi mereka bilang “let me bring you to a sister hotel”, dimana mereka akan dapet komisi dari pemilik sister hotel itu.

Model taxi di Managua itu sebagian gak pake meter, sebagian lagi pake. Khususnya di airport, maen tawar2an dulu sih, karena banyakan gak pake meter. Gw udah siapin kamus dan google translate, tapi rupanya ada juga yg bisa pake bhs Inggris jadi gw gak terlalu susah komunikasi dengan para taxi driver di Managua Airport.

“Ï’d like to go to Hostal Backpacker World. How much is it?” menurut buku sih dari Airport ke downtown gak nyampe $10
“Backpackers Inn?”
“No. Backpacker World”
Si driver keliatan mikir. Karena gw dikelilingi oleh beberapa taxi drivers dan calo2 taxi, maka driver2 yg laen ikut nimpalin :
“No Backpacker World. No. Hotel Closed. You can go to Backpacker Inn. Not Backpacker World”

Jreng jreng. Drama “Hostel closed” sudah dimulai. Dibilang “Backpacker World” closed dan gw mo dibawa ke sister hotel yaitu “Backpacker Inn”.
Hmm, mereka pikir gw anak kemaren sore. Gitu pikir gw. Jadi gw ngotot gw mo ke Backpacker World. Gw udah booking secara online hostelnya sehari sebelon gw terbang, yaitu 2 hari yang lalu. Trus gw kasi unjuk Google map gw, pokoknya gw minta dia bawa aja gw ke alamat tsb.

Pertama dia minta dibayar $25, gw nawar $10. Akhirnya deal di harga $20.

Managua itu panas sodara2. Lebih panas dan terik daripada Jakarta ato Singapore pas lagi terik2 nya. Gw masuk ke taxi yg AC nya barely angin doang. Kira2 setengah jam kemudian taxi masuk ke daerah perumahan. Gw sih tetap mantau Google map gw, dan karena posisi taxi makin mendekati posisi yg gw udah tandain, ya gw gak protes. Bangunan di posisi yg gw tandain itu merupakan sebuah rumah di hook yang gak keliatan ada kehidupan / aktivitas. Gerbang nya tutup. Dari kaca ruang tamu keliatan bhw ruang tamu nya kosong dan pintu2 nya ketutup.

Taxi driver gw turun dan pergi nanya ke orang yg lagi berdiri di jalan. Trus dia balik lagi sambil kasi kode geleng2 kepala ke gw.
“We’re here” gitu kira2 kata taxi driver gw pake bhs Spanyol.
“Hah? hmm.. wait”
Gw coba reset hape gw, gw takutnya gps hang jadi nunjukin posisi yg gak akurat.
Pas hp gw dah hidup lagi, current posisi nya gak berubah.

Gw minta driver untuk maju dikit lagi, sapa tau posisi hostel sebetulnya adalah beberapa puluh meter dari situ. Tapi gak ada apa2 yg menandakan keberadaan Hostal Backpackers World. Gw minta turun pas di sebelah rumah besar yg ada bapak security lagi berdiri. Gw tunjukin kertas reservasi hostel gw ke security. Dia cuman geleng2 kepala sambil nyerocos pake Spanish, sambil nunjuk rumah yg di hook tadi. Yg bisa gw tangkep sih, rumah di hook itu sesuai ama alamat yg gw cari. Tapi dia gak tau mengenai keberadaan Hostel yg gw cari.

Si taxi driver nya cukup baek sih, dia coba muter lagi ke tempat tadi dan tanya2 lagi, tapi gak ada hasil. Akhir nya gw bilang gini : kalo gitu, tolong cariin gw hostel yg deket2 sini aja, yg gak mahal tapi ada koneksi internet nya. Trus dia berhenti gak jauh dari sana, di tempat yg ada tanda hostel “X”.

Karena pengurus hostel X cuman bisa Spanish, dia manggil tetangganya yg bisa bhs Inggris untuk nerjemahin. Gw tanya mengenai keberadaan si Hostel Backpacker World di ujung jalan. Ternyata Backpacker World emang udah tutup. Gubraak. Terakhir kali terlihat aktivitas disana adalah 2 minggu yll.

Karena gw gak tertarik ama hostel X, gw tanya ama Stephen (si tetangga), dimana ada internet cafe supaya gw bisa cari hostel online.Ternyata si Stephen ini baik sekali, gw di kasi thethering ke hape nya dia dan gw disuru duduk di terasnya. Percayalah sodara2, hari itu panas banget. Sampe sodaranya Stephen kesian lihat ini turis kesasar, kepanasan sehingga dia manggil tukang es krim yg lewat dan gw dibeliin es krim. Jadilah gw booking online “Backpacker Inn” yg kira2 1 km away dari situ. Sesudah say thank you ke orang2 Nica yang baik hatinya, beranjaklah gw ke “Backpacker Inn” hehehe ..

Nyampe di Backpacker Inn jam 12 an, gw disambut ama receptionist yg ramah dan welcome banget. Karena travel buddy dan gw udah booking di Backpacker World yg gubrak itu, maka gw booking sekalian untuk travel buddy gw itu di Backpacker Inn.

Gw capek banget dan udah 2 hari gak mandi, jadi gw pun mandi dan langsung tidur. Jam 4 PM gw bangun, mandi lagi karena kepanasan bo. Trus gw jalan ke Centro Mall yang cuman sepelemparan batu jaoh nya dari hostel untuk .. ngadem.

#2 The Missing Passenger

Menurut jadwal, travel buddy gw baru landing jam 19:55PM jadi gw rencana mo jalan dari Centro Mall ke Airport jam 7:30an. Dari downtown ke Airport 20 menit, jadi gw rasa gak bakal telat. Gw juga yakin bakal gampang nemuin temen gw itu karena Augusto C Sandino International Airport (MGA) gak besar dan cuman ada 1 exit gate.

Sampe di airport sebelon jam 8PM, gw berdiri di gate keluar ngeliatin org2 yg keluar. Gw minta San Juan, si taxi driver yg bawa gw dari Mall untuk nungguin gw di parkiran.

Jam 20:20PM temen gw blon nongol. Gw pikir mungkin dia masih di imigrasi. Jam 20:30PM gw liat papan informasi : United Airlines dari Houston rupanya udah landing jam 19:42PM tadi.
Muncullah San Juan si taxi driver : “What happened? where’s your friend?”.
“Dunno. I can’t find him. He did not come out yet, maybe stuck inside the immigration”.

“Call him!”

Feeling stupid, gw jawab : “He has no mobile phone”

“???”
Airport pun jadi tambah sepi.
Pas ada petugas airport yg keluar dari dalem, San Juan nanyain apakah masih ada penumpang di dalem. Jawabannya : kagak.
Gubrak.
Gak ada lagi penumpang di dalem. Semua udah keluar. Jadi ada 2 kemungkinan : temen gw udah keluar, ato dia gak ikut di penerbangan ini. Terutama kalo itu connecting flight, ada kemungkinan dia ikut penerbangan berikutnya.

Kalo temen gw udah keluar, gw gak bisa bayangin apa yg terjadi, karena dia juga bakal menuju ke Backpacker World yg udah tutup. Trus dia mo kemana malem2 begini? Masalah nya adalah dia org yg old fashioned. Dia gak pegang hape/mobile phone. Kalo dia berhasil cari hotel, trus gimane dia bisa kasi tau gw dimana dia berada? karena gw gak yakin dia nyimpen no hape gw.
Kalo dia gak ikut di flight United Airlines dari Houston yg landed jam 19:42PM tadi, trus dia ada dimana skrg?
Gw dah mo nangis.

Si petugas airport nyaranin gw untuk kontak United Airlines mengenai list penumpang. Representatif UA ada di Departure Terminal, 20 meter dari Arrival Terminal ini. Gw pun kesana untuk kecewa. Karena Representatif UA cuman punya list penumpang yang akan terbang dari MGA, dia gak punya list penumpang yg landed di MGA. Agak stupid juga sih menurut gw.
Dan gw pun nangis. Gak tau apa yg musti gw buat sekarang.

Gak lama gw pun dikerubutin ama taxi2 driver temen nya si San Juan.
“What happened? What happened?”
San Juan pun ngejelasin ke temen2nya.
Trus ada calo taxi yg nanyain gw: “Temen lo itu kayak gimana tampang nya?”
Gw tunjukin foto travel buddy gw itu di hape gw.
“Oh .. ini. Iya, tadi dia cari shared taxi. Gw tawarin dia $12, tapi dia bilang, dia cuman mo bayar $10”
Bingo! Itu pasti si travel buddy gw. Gak salah lagi. hahahaha.
“Bentar ya, dia tadi dianter ama si Manuel. Gw telponin si Manuel”.
Si Calo taxi nge-dial nomor nya si Manuel. Trus ngomong sebentar di telepon.
“Si Manuel belon pulang, ini yg ngangkat nyokap nya”
Halah.
Si Calo taxi nge-dial nomor laen lagi. Ngomong agak lama sambil nulis2. Trus nge-dial nomor laen lagi sambil ngomong ke gw : “Si X bilang, Manuel udah nurunin temen elo di hostel. Ini gw lagi telponin hostel nya”.

Sesudah dia ngomong di telepon beberapa menit, si Calo taxi ngasi hape ya ke gw : “Ini ada yg mo ngomong”
“Hallo”
“Betty! Where are you??? The Backpacker World is closed. So I follow the Alleman to this hostel. Don’t go to the Backpacker World! Where are you ???”
Gubraaaak …
“You’re in which Hostel?”
“Backpacker Inn”

Hahahahahahahahaaaaaaaaa … what a day 🙂

PS.
* Gw nemu travel buddy gw ini di Bukit Lawang, Sumatera. Uniknya, travel buddy gw ini termasuk orang yg old fashioned. Dia gak merasa perlu nya hape ato mobile phone. Gw pengaruhi dia utk beli hape, gak beli2. Akhirnya gw beliin Xiao-Mi, tapi sampe sekarang gak dipake2 juga. Sampe gw nulis ini, Xiao-mi nya masih disimpan di box Xiao-Mi dengan rapi. Laen kali lah gw cerita2 tentang gw nyusurin 5 exit gate di New Delhi Airport (DEL) untuk nyariin temen gw ini karena dia bilang dia mo jemput gw di DEL. Untung cuman ada 5 gate di DEL. Gimana kalo exit gate nya ada buanyak kayak di TaiPei station?

* Jadi ceritane, travel buddy gw itu join shared taxi (1 taxi rame2, semua ke arah downtown). Pertama itu taxi nurunin org Jerman (Alleman = German), trus nurunin travel buddy gw di Backpacker World. Tapi karena itu hostel tutup, jadi travel buddy gw minta ama taxi driver untuk dianterin ke hostel dimana tadi si Alleman turun (yaitu Backpacker Inn). Begitulah ceritanya.

* Sesudah balik dari South America, gw complain ke Booking.Com karena gw reserve Hostal Backpacker World lewat Booking.Com. Di-respon dengan baek sih, dan gw dikasi kompensasi 20 Euro. Tapi apalah 20 Euro dibanding dengan cape ati gw :p