Uncategorized

15 April 2017. Leon the hottest town in Nicaragua

Ada org bilang : “Managua’s too dodgy, San Juan Del Sur’s too party, Granada’s too expensive, León’s too hot”. Yeah, mari kita buktikan 🙂

Sekitar jem 10an pagi waktu Managua, kita udah sampe ke terminal bus di depan UCA (Universidad Centro Americana). Kata travel buddy gw kita mo ke Leon. Enaknya traveling ama buddy gw ini adalah, gw tinggal duduk manis jek. Karena dia yg ngurusin jadwal, tujuan, aktifitas, sampe milih2 nyari2 hostel. Yg detil2 sebangsa nyari lokasi terminal, naek bus yg mana, makan apa, nanya2 orang, nah itu baru expertise gw hehehe .. Gak expertise lah, tapi karena gw bawa hape yg ada gps nya, jadi lebih gampang nyari lokasi. Kalo ada wifi, hape gw juga jadi lebih useful untuk cari info2 tambahan yg mungkin gak ada di buku.

Gw : “Kita mo liat apa di Leon?”
Bule : “Volcanoes. Many many many volcanoes” Dia ini selalu amazed dengan gunung berapi. Susah dah.
Gw : “What to do with the volcanoes?”
Bule : “Climbing”
Haisss

Gw suka dan demen jalan. Tapi climbing volcanoes on purpose is not really my cup of tea 🙁
Gw bisa climbing, tapi gak berarti gw suka climbing loooh 🙁

Dari Managua ke Leon kira2 2 jam. Minivan/microbus nya kayak di Indo, baru jalan kalo udah penuh. Tapi disini org kenal budaya ngantri sih. Sesudah jalan kira2 1 jam, minivan nya brenti dipinggir jalan deket warung. Org pun ada yg turun utk beli minuman, camilan, dll. Sejak di Sg, pola hidup sehat org sana bikin gw jadi gak terlalu demen minum dingin dan manis2. Selama di SG, minum coke ato pepsi cuman kalo pas di KFC doang karena biasa beli paket. Tapi di warung itu gw beli Coca cola, minta yg dingin banget. Soale panas bo.

Btw, camilan yg umum disini adalah kripik pisang (plantain). Pisang yg dipake adalah jenis pisang ijo, agak keras dan rasanya tawar 🙁 Dibandingin ama kripik pisang Lampung ato kripik pisang biasa yg dijual di deket pangkalan angkot? Lidah gw bilang sih, enakan kripik pisang di tanah air kemana2 jek. Jaooh …
Selaen kripik pisang dijadiin camilan, di Central America agak unik sih memang, pisang ijo itu bisa di goreng -pake ato tanpa tepung-, di bakar, di bungkus tortilla, untuk di makan bareng nasi.
Camilan favorit gw disana adalah chicharrones alias kulit babi yg digoreng keringggg. Sama rasanya ama yg gw temuin di Manila dan Bangkok.

2017 – Nicaragua, Managua : Chicharrones uenakk

Sampe di Leon, buset deh. Panas bangets 🙁 Ternyata Leon adalah kota yang terpanas di Nicaragua. In fact, saat gw disana (April-Mei) adalah bulan2 terpanas dan terkering di Nicaragua. Maklumlah, yg cari jadwal kesana bulan April tiada lain tiada bukan, adalah si Bule. Emang kalo bule nyari nya yg panas2. Lah kalo orang macem gw, tambah gosong aja dah gw 🙁

Nyampe di terminal bus, kayak nya gak sanggup lagi jalan nyari hostel. Jadi kita naek hmm… becak yg di gowes 🙁 Beda becak di Indo (dan India) dibanding dengan di Nicaragua (dan Jepang) adalah, Di Indo dan India tukang becaknya kebanyakan udah berumur dan sepuh. Di Nicaragua dan Jepang, orang2 umur 15-20an lah yg berprofesi jadi tukang becak. Kalo driver2 becak Nicaragua ini dibawa ke Indo, gw jamin mereka bakal langsung ditawarin nge-bintangin film2 lokal 🙂

2017 – Nicaragua, Managua : Tuktuk driver

2017 – Nicaragua, Managua, another tuktuk driver

Sepanjang jalan dari terminal juga gw liat orang dimana2 nyantai di hammock. Kayak nya tiduran di hammock emang udah jadi bagian hidup dari orang2 disini. Hammock itu memang portable banget. Tinggal digantungin di dinding, di pohon, di becak, di pagar halaman ato dimana aja kita suka.

Hostel biasanya pilihan akomodasi standard nya : private ato kamar dormitory. Di South Africa ato Amrik pilihannya nambah : yaitu bisa di luar rumah, alias camping dengan catatan bawa tenda sendiri. Di India, berhubung pada umumnya udara panas : ada opsi untuk tidur di roof top alias di loteng paling atas, jadi makin dekat dengan bintang2 di langit. Di Central dan South America opsi tambahan adalah : tidur di hammock.
Ide untuk tiduran sambil goyang2 dengan tujuan memproduksi angin secara otomatis di atas hammock itu gw rasa emang ide brilliant untuk cuaca Leon yg panas.

Sesampe di hostel, lagi2 gw liat orang yg lagi leyeh2 di hammock (tempat tidur gantung) yg tenunan dan warna nya khas Central America, tidak lain adalah owner dari hostel itu sendiri. Setelah check-in, gw sempetin diri untuk mandi saking panas nya. Keluar dari kamar mandi udah keringetan lagi, langsung nyari toko untuk beli Coca Cola dingin, es krim dan air putih. Dehidrasi yang sesungguh nya hahaha …

Selain kota terpanas, Leon itu salah satu kota yang paling tua di Nica dan pernah jadi capital dari Nicaragua (selain Granada tentunya). Di Leon banyak bangunan2 peninggalan kolonial Spanyol yang keren2. Sesudah Granada, Leon punya arsitektur kolonial terbaik di Nica.

Sore itu kita jalan kaki muterin Leon. Rumah2 disana model kolonial semua, warna-warni dan teras nya pendek. Kalo sore2 banyak opa-oma yang ngeluarin kursi malas nya di depan pintu dan ngobrol2 menghabiskan sore yg hangat. Ada beberapa bangunan gereja di Leon, termasuknya Basilica Catedral de la Asuncion di Leon, katedral yg terbesar di Amerika tengah. Nama Leon sendiri diambil dari Santiago de los Caballeros de León, founder nya kota Leon yg orang Spanyol.

Karena Spanish yg sepotong2, kalo mo makan kebanyakan kita cuman modal nunjuk aja. Kita lebih sering milih makanan lokal yg disukai oleh org2 lokal, alias makanan yg banyak dikerubutin orang2 lokal. Selain turn over makanan nya tinggi (jadi dijamin makanan selalu fresh), itu berarti makanan itu byk disukai orang / orisinil. Jadi mlm itu kita makan dari street vendor, menu nya adalah gallo pinto (nasi dimasak pake kacang merah), pisang ijo goreng tanpa tepung, daging babi panggang dan salad. Gw udah ngebayangin rasa pisang goreng yg dijual di Indo: anget, manis, wangi, legit, dll. Tapi rupanya rasanya gak demikian. Kalo pake istilah mami gw : sepo dan anyep. Maksut nya : tawar gak ada rasanya -rasa pisang nya cuman 10%, agak keras, dan adem 🙁

Babi panggangnya bau nya sedap tapi soal rasa, dijamin enakan BPK nya lapo Cililitan atawa lapo Nitondongta yg sekarang pindah ke jalan Transyogi, Cibubur.