Uncategorized

18 April 2017. Cerro Negro dan gado2

Di Nicaragua ini banyak banget volcanoes yang di komersialkan jadi tour destination.

Kemaren kita dapet tour operator yang cukup reasonable harganya. Jadi kita sign up utk 2D/1N Cerro Negro & Telica volcano tour.

Pagi2 jam 8 kita udah ada di 4WD truck yg akan bawa kita ke Cerro Negro. Selaen gw dan si Bule, ada 1 org laen yg ikut, jadi kita ber 4 ama Aris, pemilik tour operator sekaligus guide nya. SatuΒ orang laen yg ikut itu orang Italy kali gak salah, dia bisa ngomong Spanish, French dan sedikit Inggris. Karena Aris cuman ngomong Spanish, jadi si turis Italy sekaligus jadi translator kita. Aris ke orang Italy ngomong Spanish, si Italy ke si Bule ngomong French, dan si Bule nerusin ke gw pake Inggris. Halah.

Cerro Negro itu salah satu volcano yg paling aktif di Nicaragua, yg permukaan nya ditutupi pasir volcanic berwarna hitam. Dari jauh keren banget. Kegiatan yang kita akan lakukan adalah sand boarding. Kalo biasa nya denger snow boarding, yaitu berkendara di salju, nah ini kita bakal meluncur diatas pasir. Kita mampir dulu di Cerro Negro base camp untuk registrasi, trus naik truk lagi ke lapangan parkir. Di parkiran udah ada beberapa mobil dan beberapa bus yg sudah kosong secara para penumpangnya udah pada mendaki Cerro Negro. Di kejauhan kelihatan iringan orang2 yang mendaki untuk sand boarding, masing2 membawa papan luncur di punggung nya. Berbaris seperti layaknya semut.

 

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Marching for sand boarding. Everyone need to carry their own sand board, except me πŸ™‚

Selain papan luncur, musti bawa juga ransel kain yg isinya baju overall, kaca mata pelindung, aqua 1 lt, dll. Karena di group kecil itu gw cewek sendiri, papan luncur gw dibawain sama Aris. Hehehe senang nyaa ..

Dari jauh Cerro Negro gak kelihatan tinggi dan kelihatannya bakal gampang didaki. Kenyataannya kira2 butuh 1-1.5 jam utk naik ke atas, tergantung kondisi dan semangat hahahaha … Dari parkiran, pertama2 jalannya landai, trus agak berbatu2, trus jalan mulai terjal dan batu2 yg ada bertambah besar2 dan tajam. Jadi gw usahain banget spy gw gak terpeleset dan jatoh. Kalo jatoh udah pasti sih bakal lecet2 kena batu. Tantangan laen yg ada yaitu jalan diatas pasir yg dalem, nanjak dan udara yg panas πŸ™ Kalo angin bertiup, angin pun membawa butiran pasir yg hitam, terbang bersamanya hahaha. Karena gw pake celana pendek, waktu jalan betis gw serasa kebakar πŸ™ panas bo πŸ™ padahal baru jam 10 lewat.

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Black volcano rocks

 

Di tengah jalan gw dah mo nyerah gara2 sepatu udah penuh ama pasir dan udara yg kering dan panas banget. Gw minum dikit, ngirit, takut perjalanan masih jaoh dan kawatir kalo minum byk2, gak ada toilet ato semak2 yg bisa disulap jadi toilet. Karena kemana2 mata memandang cuman ada pasir hitam disana dan barisan orang yg mengular naik ke puncak Cerro Negro.

Sesudah setengah jalan, di tempat yg agak landai kita istirahat sebentar dan gw minum lagi dikit. Pemandangannya cukup keren bo. Keliatan base camp yang tadi kita lewatin, dan gw bisa lihat juga orang2 berjalan merayap ngelewatin jalan yg tadi gw lewatin. Ada juga orang2 yang balik / turun lagi, mungkin kecapekan dan gak tahan ama panasnya.

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. You see the parking lot down there?
2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. People climbing behind me and the spectacular view

Liat jalan yg agak landai di depan, gw jadi semangat lagi, walopun kira2 setelah mendaki 200 mtr gw udah capek lagi. Jadi posisinya tuh, kita jalan di tengah2, kiri dan kanan itu turunan ke bawah. Di gunungan sebrang, keliatan antrian orang2 yg naik. Hmmm asal jgn kepleset ke bawah aja. Sekali lagi, mati sih kagak, tapi mendaki lagi nya itu yg bikin setengah mati. Dan kalo hari makin siang berarti matahari bakal makin menyengattttt….

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Aris, our guide.
2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Be careful not to slip!
2017, Nicaragua, Cerro Negro. View from the top.
2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Aris show us one of the crater of Cerro Negro.

Akhir nya sampai juga di puncak. Dimana2 keliatan orang lagi istirahat minum atau pada lagi pake overall (pakaian terusan yg biasa dipake orang bengkel), yaitu pakaian wajib untuk sand boarding. Selain overall, kita juga musti pake sarung tangan, saputangan penutup mulut dan kacamata pengaman.

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Be ready for sand boarding.

 

Aris nunjukkin salah satu kawah Cerro Negro yg terakhir kali meletus, yaitu kawah pas di belakang tempat org2 ngantri utk meluncur. Dia juga menggali lubang di tanah kira2 sedalam 10cm dan nyuru kita pegang tanah nya. Pas gw pegang gw bisa ngerasain panas nya tanah itu. Menandakan bahwa volcano itu masih aktif. Wah gimane kalo pas lagi meluncur trus volcano nya meletus yah? Seru kali yeh? hehehe

2017, Nicaragua, Cerro Negro. Si Bule siap meluncur.
2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano. Queuing for sand boarding

Karena jalur sand boarding nya gak banyak (mungkin cuman 2 ato 3) maka yg meluncur pun musti ngantri. Sambil ngantri kita juga diajarin cara mengendalikan papan luncur dan bgmn cara mengontrol kecepatan luncur. Dari puncak, jalur luncur keliatan curam banget, jadi rada serem. Tapi orang2 pada tereak2 enjoy tuh. Dan ternyata seru loh pas meluncur kebawah!
Sayang mendaki ke puncak nya 1.5 jam tapi meluncur nya gak sampe 10 menit hehehe ..

 

2017, Nicaragua, Cerro Negro volcano and me

Sebelon naek ke truck, gw mo foto2 sekali lagi si Cerro Negro, saat itu gw menemukan bahwa kamera Panasonic DMC-LX100 gw lensa nya macet πŸ™ gara2 kemasukan debu Cerro Negro pas gw meluncur turun. Gak yakin bahwa gw bisa ngebenerin kamera gw di Leon, jadi gw musti nunggu sampe kita nyampe Granada 2 minggu lagi, ato Managua 3 minggu lagi. πŸ™ Jadi untuk sementara gw cuman bisa ngandelin kamera di hape OPPO gw.

Jam setengah duabelas siang kita udah nyampe lagi di Leon. Kita balik ke hostel untuk mandi, masak, makan siang dan jam 2PM udah musti di kantor tour lagi utk join Telica volcano tour.

Siang itu gw mo masak ayam goreng, jadi sebelon mandi gw marinate dulu itu ayam2 gembul. Setelah mandi ternyata gas nya abis dan si owner hostel baru bakal ngisi gas jam 3PM. Kenapa baru jam 3PM? Gw jg gak tau πŸ™ Si bule pun ikut panik didapur karena itu poulet2 (poulet = ayam) gak bisa digoreng (dan dimakan). Jadi akhirnya itu ayam2 gw sekep ajah di microwave hehehe .. Cuman dibumbuin garam, garlic yang banyak dan oregano (gak tau punya siapa, gw nemu di dapur), tapi rasanya lumayan enak! πŸ˜€

Pas gw masak di dapur ada orang yg ngomong pake bahasa Indo : “Ibu, ada gado2 nggak?”
Hah ??? Siapa yg nyari gado2 di Leon ???

Kemaren sih gw kenalan ama orang Prancis dari dormitory sebelah yg nyapa gw pake “Selamat Sore”. Gw pikir dia cuman bisa ngomong “Selamat Sore” doang. Memang sih dia cerita bahwa dia sempet beberapa lama di Indo, namanya Oliver. Tapi kemaren gw gak nanya detil2 lain nya. Gak nyangka si Oliver ini ngerti bahasa Indo yg gak baku (yg gak ada di kamus Bhs Indonesia), spt istilah2 “enggak”, “pake”, “gimana”, “baek”, dll. Wah, serasa di kampung halaman πŸ™‚ Hahaha .. senang nya bisa ngomong Indo di Nicaragua πŸ™‚

2017, Nicaragua, Leon. Oliver, French yg ngerti bahasa Indo yg gak baku

Btw, kemaren juga ada Spanish yg travel solo, sekamar ama kita, kalo gak salah namanya Oscar, tapi siang ini rupanya dia udah check out.