Uncategorized

17 April 2017, Playa Las Penitas

Hari ini kita ke Playa Las Penitas alias pantai Las Penitas. Orang lokal nyaranin pake taxi ke Mercadito tapi kita milih jalan kaki dari guesthouse ke Mercadito karena hari masih pagi. Di tengah jalan kita sempet booking 2D/1N Cerro Negro & Telica tour utk hari berikut nya.

Dari Mercadito ada chicken bus yang ke Las Penitas lewat Poneloya, makan waktu sekitar setengah jam pake bus ke Las Penitas.

Playa Las Penitas keliatan tenang di cuaca panas siang itu. Pasir di Las Penitas item dan halus. Ada hutan mangrove kumplit dengan burung2 camar nya. Di sekitar pantai banyak para2 dan orang leyeh2 di hammock. Lihat banyak hammock nganggur, gw pun ikutan tiduran di hammock yg kosong. Tapi ternyata itu hammock disewakan. Gw pun mikir untuk beli hammock 1 yg warnanya bagus untuk dibawa pulang ke Indo. Ntar gw mo taro di teras gw buat kegiatan leyeh2 gw. Murah harganya, cuman antara USD 7-10.

2017, Nicaragua, Las Penitas. Swang in a hammock
2017, Nicaragua, Las Penitas. A black sandy beach.

Nyusurin pantai lebih kesana lagi, baru ketahuan bahwa ombak di Las Penitas itu gede banget. Banyak surfer muda baik lokal ato turis yang belajar surfing di Las Penitas. Di sekitar pantai nya banyak hostel2 yang selain menawarkan akomodasi, juga ngadain surfing course buat turis.

2017, Nicaragua, Playa Las Penitas. Hostels with surfing school

Chicken bus terakhir ke Leon kira2 jam 4an. Jadi sebelon jam 3 lewat kita dah pasang2 kuping. Kalo ada klakson bus dari jaoh, itu berarti bus udah dateng. Setelah ganti baju kering, kita pun nunggu bus sambil minum di kafe. Pas bus dateng, semua pun lari2 ke arah bus. Termasuk orang2 yang baru keluar dari air abis berenang. Kebanyakan lokal pada cuek ajah basah2 dan badan berpasir hitam ikut desak2an di bus. Jadi percuma sebetule ganti baju kering, karena sebelah2 gw abege2 cekikikan yg baju dan rambut nya basah melambai2 tertiup angin. Wekekekeke ..

Balik ke Leon, setelah observasi beberapa hari, karena merasa makanan lokal Nica kurang sreg di lidah Indo maupun lidah Prancis, dan serta merta mahal, kita mampir dulu ke supermarket utk belanja. Rencana nya sih mo masak aja untuk makan malam di hostel karena ada dapur dan kulkas. Gw yg masak. Kalo biarin si bule yg masak, dia bakal rebus spaghetti trus di serve pake butter doang. Doang. Terus terang itu parah banget dan gak nyampe di lidah gw.
Jadi malam itu gw masak spaghetti pake sosis & keju, dengan bawang putih dan cabe. Hmmm…. nyam nyam jek …

Oh ya nanas di Nicaragua enak dan murah jooo … orang sana nyebut nya piña (baca : pinya). Rasanya setara kayak nanas madu kalo di Indo, dan murah bangat. Hampir tiap hari kita beli nanas untuk camilan kalo kepanasan. Baik beli nanas gelondongan di supermarket ato beli nanas potongan dari street vendor.

2017, Nicaragua, Le Mercadito