Uncategorized

Travel mates (4/5) : Cash

#3. Cash

Scope gw disini traveling yang self sponsor. Alias bukan business traveling ato karena menang undian paket tour.  Gw Gak butuh duit. Ini pernyataan yang boong banget. Traveling butuh duit. Ini bener.

Traveling butuh duit banyak. Ini relatif, tergantung definisi elo mengenai “banyak”. Gimana cara orang ngatur duit bakal berkenaan ama cara dia traveling.

Suggestion gw tentang nyari temen traveling adalah yang punya pandangan / definisi kurang Lebih sama dalam segi pengeluaran dengan elo sendiri.

Yang paling gampang cara nya adalah saling terbuka, berapa budget yang disiapin tiap-tiap org utk misale : ke Bali. Ideal nya bajet tiap orang kurang lebih sama. Tapi ini gak semata-mata cuman masalah dari segi jumlah doang. Ini lebih menjurus ke gimana kebijakan elo waktu spending duit elo.

Contoh kecil nih, gw lagi traveling, trus di pasar banyak lah orang yang juwalan snack lokal. Sepanjang jalan gw nyobain apa aja. Pas gw lagi pengen beli salah satu kue, trus temen travel gw komentar : “jangan beli lah, mahal”.

Ya lo pikir aja, snack di pasar seberapa mahal sih? Tapi menurut temen gw itu gak layak beli, soale mahal. Masalahe, kejadian ini gak satu dua kali kejadian. Lama-lama gw jadi kesel. Daripada argue, gw jadi nahan diri untuk gak beli-beli.  Perbedaan pandangan soal gimana gw ngatur pengeluaran kayak gini bikin gw gak nyaman traveling bareng. Dan dia juga pasti berasa irritated soale gw selalu pengen nyoba makanan dan gak terlalu perduli ama budget rasional untuk sejumput makanan.