Uncategorized

6-12 April 2017. Makan tak enak. Tidur tak nyenyak. Doa banyak2.

Jadi, bulan April taon lalu itu gw memulai perjalanan gw ke South America untuk beberapa lama. Agak lama juga sih berhubung jaoh boo .. sayang tiket nya kalo bentaran doang.

Karena judulnya searching tiket murah, dapetlah rute Jakarta-Singapore-QingTao-San Francisco-Mexico-Managua 🙂 Booking nya sih udah sejak Nov 2016. Tapi Karena gw pikir ambil visa China cepet dan gw ini orang yang last minute, gw baru mo apply visa China seminggu sebelon ke QingTao.

Gimana pun, China udah ngeluarin aturan bebas visa transit di beberapa kota jadi gw pun menghubungi embassy China di Jakarta utk nanya mengenai transit di QingTao. Embassy bilang : hubungi agen di Kuningan. Dan menurut agen, karena gw dari SG ke SF pake maskapai yg berbeda (tidak memesan penerbangan pesawat langsung melewati China) maka supaya aman, pendek cerita, harus apply visa.

Sehubungan gw dah di Jakarta Jadi ya apply lah gw dari Jakarta. Gw drop dokumen gw tanggal 6 April (Kamis), visa bakal jadi tgl 10 (Senin). Selasa tgl 11 April gw rencana mo ke Sg buat ambil Yellow Fever vaccine, temu beberapa temen dan pinjem buku di library sebelon berangkat tgl 13 April. Tgl 7 mlm ternyata gw di telpon, katanya aplikasi visa nya di-reject karena foto gw di passport luntur. Alternatif nya adalah gw musti bikin passport baru dan apply visa China lagi.

Paniklah gw. Soale bikin passport kilat itu 2 hari kerja, harga 4 Juta. Trus lanjut apply visa China express 2 hari kerja. Gila aja. Keburu ketinggalan pesawat gw.

Btw, April 2016 gw ke China, apply visa China lewat agen di China Town cuman 2-3 hari doang, dengan kondisi passport yg sama (foto nya luntur, kalo menurut agen visa China Jakarta). Jadi gw putusin utk ke Sg ajah hari Senin nya (tgl 10) dan apply dari Sg karena gw pegang Singapore Permanent Residency. Jadi mlm itu gw packing kilat utk perjalanan gw beberapa bulan ke depan.

Jreng jreng, hari Senin tgl 10 petualangan memburu visa China dimulai dari kediaman gw di Sentul City. Ambil bus pertama jam 5 pagi. Sampe Mega Kuningan jam 7:30, nunggu gate di buka jam 8. Ngomel2 sebentar ke agen sambil nunjukkin visa China gw yg gw bikin taon 2016. Trus cabut ke Airport spy bisa nyampe Chinese Visa Application Service Center di Robinson Road sebelon jem 13PM, supaya visa jadi tgl 11 April pagi.
Ternyata tidak bisa sodara2. Gw baru nyampe beberapa menit sebelon jem 15PM di Visa Center. Jadi Visa gw bakal jadi tgl 12 April pagi.

Sebelonnya gw nanya, dengan itinerary flight gw ini, apakah gw perlu visa China? Jawabannya sungguh sangat melelahkan gw yg sudah lelah : “We only help you to apply visa, we can not advise you whether you need Chinese visa or not”.

 

Gw kasi lihat ke officer nya bahwa foto passport gw ada luntur dan udah di tolak ama Visa Service Center di Jakarta. Tapi jawaban officernya enteng banget “It should be ok. No problem”.

Pas udah duduk dan lihat receipt gw di tangan, ternyata visa nya single entry. Padahal gw pulang nya dari Colombia bakal mampir China lagi (Shanghai PVG) di bulan September. Gw balik ke meja officer, minta yg multiple entry. Trus dikasi multiple entry valid for 3 months. Gubrak banget deh. Gw tunjukkin e-ticket gw bahwa flight balik gw adalah di bulan September, lebih dari 3 bulan. Si officer pun nanya ke colleage nya. Trus dia bilang ke gw : “I will try to put 6 months, but I’m not sure if it will be granted”.
“So they will only give me 3 months instead?”
“No, If you asked for 6 and if they do not approve it, then they will simply reject it. 6 months or nothing.”
Gubrak
Gak sabaran si officer nanya lagi : “So you want me to put 3 months or 6 months?”
“I ask for 6 months”

Makan gak enak, tidur gak nyenyak, doa banyak2. Begitulah ceritanya sebelon gw dapet visa China di tangan. Sementara itu juga gw coba kontak Kiwi.Com, agent yg ngatur itinerary tiket gw, supanya dicariin alternatif laen kalo sampe gw musti nunda keberangkatan gw. Salut banget sih ama Kiwi.Com yg mo ngerti situasi gw dan berusaha kasi options itinerary baru, tapi itu artinya beli tiket baru seharga tiket lama. Gubrak. Gw juga kontak travel buddy gw, bilangin bhw kemungkinan gw gak tiba di Managua tepat pada waktu nya 🙁

Pagi hari di 12 April 2017 adalah hari bahagia buat gw, karena bisa nemu visa China baru nempel di passport gw. Hari itu jadi hari yang sibuk karena gw musti lari2 ke Raffles Hospital untuk minta vaksinasi Yellow Fever, ke library untuk minjem 2 buku, bikin reservasi hostel2 yang udah di cancel2in ama travel buddy gw, dan pergi makan malem ama temen gw sambil nitipin leptop gw yg gak mungkin gw bawa2.

12 April malem pun gw agak demam gara2 vaksin nya mulai bekerja dan gw mengadakan perlawanan. Sepupu gw bilang : “Mana ada sih org yg suntik vaksin sehari sebelon berangkat? Ada juga beberapa bulan sebelonnya.”
Hmmm… se-last minute itu kah gw?