Uncategorized

Cita-cita jaman dulu

Dahulu kala, di kantor bokap gw ada lukisan warna biru-ijo-coklat segede meja makan, yang bentuk nya kayak buah pala kena keprek. Dia bilang itu “peta dunia”, dan dia bilang kita ada di “Java”. Trus di rumah gw ada “bola dunia” didominasi warna biru yang biasanya gw dan adik gw suka puter-puterin kalo lagi pas bosen ato bete. (Waktu itu sempet bingung juga sih, napa juga itu kedudukan bola miring, tapi ini gak penting sih buat gw, jadi gak sempet ditanyain).

Alkisah, bokap gw punya banyak temen bule. They just look so different from us and smell different, too! Menurut bokap gw, temen2 nya itu orang Amerika. Amerika itu ada di “belahan bumi” yang laen. Untuk kesana gw perlu mengelilingi separo bola dunia soale kita ada di Asia. Waktu disini siang, di Amerika lagi malem. Di Amerika orang-orang Amerika gak ngomong Bahasa Indo.

Berikutnya sih karena wkt itu nci’ gw bawa pulang buku Lima Sekawan punya temen nya. Kakak gw ini punya kebiasaan unik untuk tidak mengembaliin barang yang dia pinjem dari orang laen. Jadi setelah buku pinjeman nya selesai dia baca, buku-buku itu ada tergeletak di kamar kita (iyah, gw sharing kamar berdua ama ‘nci gw itu, betapa menyedihkan situasi gw waktu itu hehehe ..).

Karena penasaran, gw jadi ikutan baca itu buku-buku. Mulai dari situlah couriousity gw nambah. Kayak apa sech desa Dorset? Siapa sih si Enid Blyton? Orang-orang bilang dia orang Inggris, kayak apa sih negara Inggris itu? Apa disana sungguh gw bisa liat salju? Gimane ya rasanya pegang salju? Orang-orang bilang itu buku terjemahan, soale si ibu Enid nulis buku itu pake Bahasa Inggris. Emang Bahasa Inggris itu kayak apa? Jadi kalo gw bisa ngomong Inggris, gw bisa ke Inggris? Emang Inggris itu dimana? Halah.

Maklum, waktu gw kecil, internet belon ada. Gak banyak informasi yang bisa gw dapet untuk ngejawab pertanyaan-pertanyaan gw.

So that’s the basic of my childhood idea, kenapa gw mo “ngelilingin” dunia. Pertanyaan mengenai cita-cita gak gw jawab pake “dokter” ato “astronot”. Itulah enak nya jadi anak kecil, boleh ngomong apa aja asal njeplak, walopun gak tau gimana caranya nyampe kesana.